ANALYSIS DAYA BEDA BUTIR SOAL
Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran
Dosen Pengampu:Naifah, S,Pd.I, M,SI
Disusun Oleh:
M Agus Salim
(113111034)
Muhammad Fathoni (113111033)
M Ali Maksum (113211035)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SEMARANG
2013
I.
PENDAHULUAN
Berkenaan dengan kegiatan pengajaran, evaluasi merupakan suatu
proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh
mana tujuan-tujuan pengajaran telah di capai oleh siswa. Selain itu evaluasi
juga untuk meperoleh bukti sejauh mana proses belajar-mengajar dan keefektifan
program pengajaran dapat berhasil dalam mencapai tujuan kurikulum yang di
canangkan.
Kebanyakan orang terkadang tidak mengira evaluasi sangat diperlukan
dalam setiap tindakan keseharian untuk meningkatkan kinerjanya. Evaluasi secara
langsung menjadi proses pengawasan.
Dalm makalah ini akan menguraikan tentang daya pembeda butir soal,
yang mana mengetahui daya pembeda soal ini penting sekali, sebab salah satu
dasar yang di pegangi untuk menyusun butir-butri tes hasil belajar adalah
adanya anggapan, bahwa kemampuan antar siswa satu dengan yang lain itu berbeda.
II.
RUMUSAN
MASALAH
A.
Apa
pengertian analisis daya pembeda?
B.
Jelaskan langkah-langkah penghitungan daya pembeda?
III.
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Analysis Daya Pembeda
Analisis Daya Pembeda suatu soal tes adalah bagaimana kemampuan
soal itu untuk membedakan siswa-siswa yang termasuk kelompok pandai (upper
group) dengan siswa-siswa yang termasuk kelompok kurang (lower group).[1]
Semakin tinggi koefisien daya pembeda suatu butir soal, semakin mampu butir
soal tersebut membedakan antara peserta didik yang menguasai kompotensi dengan
peserta didik yang kurang menguasai kompetensi.
Mengetahui daya pembeda item soal sangat penting sekali mengingat
salah satu dasar yang di pegang untuk menyusun butir-butir tes itu haruslah mampu
memberikan hasil tes yang mencerminkan adanya perbedaan-perbedaan kemampuan
yang terdapat di kalangan testee.[2]
B.
Langkah-langkah Penghitungan Daya
Pembeda Soal
Untuk memberikan penafsiran(inter pretasi) terhadap angka indeks
daya pembeda[3],
dapat dilihat sebagi berikut ini:
Besranya
Angka Indeks diskriminasi Item(D)
|
Klasifikasi
|
Interpretasi
|
0 - 0,20
|
Poor
|
Daya beda jelek,
lemah
|
0,20 – 0,40
|
Satisfactory
|
Daya pembeda
sedang
|
0,40 – 0,70
|
Good
|
Daya beda
Baik
|
0,70 – 1,00
|
Excellent
|
Daya beda
baik sekali
|
Bertanda
negatif
|
-
|
Daya beda
jelek sekali
|
Sedangkan interpretasi koefisien daya pembeda yang di kembangkan
oleh Ebel[4],
sebagai berikut:
Index of
Discrimintaion
|
Item
Evaluation
|
0,40 and up
|
Very good
|
0,30 - 0,39
|
Reasonably good, but possibly subject to improvement
|
0,20 – 0,29
|
Marginal item, usually needing And being subject to improvement
|
Below- 0,19
|
Poor item
|
Berikut ini dikemukakan contoh cara
mencari angka indeks diskriminasi item dengan menggunakan dua buah rumus.
Misalkan sepuluh testee mengikuti tes hasil belajar dalam bidang studi bahasa
arab yang tertuang dalam bentuk multiple choice item. Dalam tes tersebut
di keluarkan sepuluh butir item denagn catatan bahwa untuk setiap butir item
yang di jawab betul di beri bobot 1 sedangkan untuk setiap butir yang di jawab
salah di beri bobot 0.
Tabel
distribusi skor hasil belajar bidang study bahasa Arab yang diikuti oleh 10 orang
testee dengan menyajikan 10 butir item.
Testee
|
Skor Untuk butir item
|
Skor
Total
|
kelompok
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
A
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
5
|
bawah
|
B
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
atas
|
C
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
atas
|
D
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
3
|
bawah
|
E
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
7
|
atas
|
F
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
4
|
bawah
|
G
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
atas
|
H
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
9
|
atas
|
I
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
4
|
bawah
|
J
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
5
|
bawah
|
N=10
|
5
|
9
|
2
|
8
|
6
|
8
|
5
|
6
|
6
|
6
|
61
|
Langkah
pertama: mencari indeks diskriminasi dengan
rumus pertama
D = - atau D = -
|
Keterangan: D =
angaka indeks diskriminasi
proporsi testee kelompok atas yang dapat menjawab
betul butir soal yang bersangkutan
= upper group yang menjawab benar
= jumlah testee dalam upper group
|
= proporsi testee lower group
= testee kelompok bawah yang dapat menjawab
benar
jumlah testee yang termasuk dalam lower group[5]
Misalnya penyelesaian butir soal pertama pada table di atas sebagai
berikut :
D = -
=
= 0,60
=
=
0.40
= 0,60 – 0,40
= 0,20
Untuk
penghitungan item subjektif atau uraian dapat di cari dengan daya pembeda
dengan rumus sebagai berikut:
DB =
Keterangan :
DB
= Daya Pembeda
SKA
= Jumlah skor yang di peroleh testee kelompok atas
SKB
= Jumlah skor yang di peroleh testee kelompok bawah
TS
= Total skor
N =
Seluruh testee[6]
|
|
Atau dengan menggunakan rumus
sebagai berikut:
dan
begitu juga dengan kelompok testee bawah
Keterangan:
SKA
: Sekor Kelompok Atas
SM :
Sekor Maksimal
JA : Jumlah Testee Atas
Misalnya dalam table contoh berikut
ini,
Tabel Kelompok Atas
1
|
5
|
4
|
3
|
4
|
5
|
2
|
5
|
4
|
3
|
4
|
5
|
3
|
5
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
XAtas
|
23
|
20
|
15
|
20
|
25
|
Skor Maksimum
|
5
|
4
|
3
|
4
|
5
|
Kelompok Atas
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
(P) Kelompok Atas
|
0.92
|
1,00
|
1,00
|
1,00
|
1,00
|
Tabel Kelompok Bawah
16
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
17
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
18
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
19
|
2
|
0
|
2
|
2
|
3
|
20
|
1
|
0
|
1
|
2
|
2
|
XBawah
|
9
|
6
|
9
|
10
|
14
|
Skor Maksimum
|
5
|
4
|
3
|
4
|
5
|
Kelompok
Bawah
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
(P) Kelompok Bawah
|
0,36
|
0,30
|
0,60
|
0,50
|
0,56
|
Untuk mengetahui daya pemebeda pada soal urain, langkahnya sama dengan
ketika mencari daya pembeda pada soal pilihan ganda yaitu:
D=PA-PB
Daya Pembeda Soal
Soal
|
Tingkat Keukaran Kelompok Atas
|
Tingkat Keukaran Kelompok Atas
|
Daya Pembeda Soal (D)
|
1
|
0,92
|
0,36
|
0,56
|
2
|
1,00
|
0,30
|
0,70
|
3
|
1,00
|
0,60
|
0,40
|
4
|
1,00
|
0,50
|
0,50
|
5
|
1,00
|
0,56
|
0,54
|
Hasil perhitungan daya
pembeda, seperti terlihat pada tabel, menunjukkan bahwa hampir seluruh soal berfungsi sebagaimana
mestinya,
IV.
KESIMPULAN
Analisis Daya Pembeda suatu soal tes adalah bagaimana kemampuan
soal itu untuk membedakan siswa-siswa yang termasuk kelompok pandai (upper
group) dengan siswa-siswa yang termasuk kelompok kurang (lower group). Dengan
mengetahui daya pembeda seorang pengajar akan dapat mengidentifikasi sejauh
mana seorang siswa dapat menerima pengajaran yang di sampaikan dan sebagai
pengkoreksian atau evaluasi bagi model pembelajaran yang di terapkan oleh
seorang guru.
Untuk
mencari daya beda dapat di cari dengan rumus sebagai berikut:
D = - atau D = -
Sedangkan untuk daya beda item soal subjektif (uraian) dapat
menggunakan rumus sebagai berikut:
DB =
,untuk kelompok atas,
, untuk kelompok bawah
V.
PENUTUP
Demikianlah
makalah yang telah kami susun, kami menyadari adanya kesalahan atau kurang
sempurnaan dalam penyusunan makalah ini karena manusia itu tidak lepas dari
kesalahan.
Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan demi
kesempurnaan makalah ini. Dan semoga makalah ini bermanfaat bagi orang yang mau
membacanya.
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Abdullah, Shodiq, Evaluasi
Pembelajaran Konsep Dasar dan Aplikasi, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2012.
Arifin, Zainal, Pengantar
Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2012.
Ngalim, M. Purwanto, Prinsip-Prinsip
dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1984.
Sudijono, Anas, Pengatar Evaluasi
Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.
[1]
M. Ngalim
Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Jakarta: PT.
Remaja Rosda Karya, 1984), hlm. 120
[3]Anas Sudijono, Ibid, hlm. 389
[4]Zainal Arifn,Evaluasi Pembelajaran , (Bandung:PT. Remaja Rosda
Karya, 2012), hlm. 274
[5]Anas Sudijono,
OpCit, hlm. 390
[6]Shodiq
Abdullah, Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Teori dan Aplikasi,
(Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2012), hlm. 105
0 komentar :
Posting Komentar